Jaringan Meristem pada Tumbuhan

Amati lah ujung akar dan ujung batang tanaman, perhatikanlah bagaimana ujung akar dan ujung batang tersebut setiap hari bisa bertambah panjang ( akar )  dan tinggi ( batang ).
Anda boleh jadi akan bertanya-tanya, apakah yang menyebabkan ujung akar dan ujung batang tersebut bertambah panjang ?
Bertambah panjangnya akar, bertambah tingginya batang tanaman tidak terlepas dari adanya aktivitas salah satu jaringan penyusun tubuh tumbuhan. ya .... jaringan meristem itulah namanya.

Apa jaringan meristem itu ?
Jaringan meristem merupakan jaringan yang terbentuk oleh sekumpulan sel muda yang masih aktif ( bahkan sangat aktif ) melakukan pembelahan.
Pembelahan sel meristem tersebut berlangsung secara mitosis sehingga dihasilkan sel-sel baru yang memiliki sifat sama persis dengan sel induk yang melakukan pembelahan. Sel-sel hasil pembelahan ini selanjutnya akan membelah dan membelah sehingga jumlah sel akan semakin bertambah banyak.

Klasifikasi jaringan meristem.
Berdasarkan letaknya pada bagian tubuh tumbuhan, jaringan meristem dikelompokkan menjadi 3 kelompokmeristem, yakni : meristem apikal, meristem lateral dan meristem interkalar.
Meristem Apikal
Meristem ini merupakan jaringan yang terletak di bagian ujung akar dan ujung batang. Oleh karena itu ada juga yang menyebutnya meristem ujung. Aktivitas meristem ujung menyebabkan pertambahan panjang pada ujung akar dan ujung batang.
Pertumbuhan yang dihasilkan melalui pembelahan meristem apikal  disebut pertumbuhan primer, dan jaringan yang dihasilkannya dinamakan jaringan primer.
Jaringan primer ini memiliki sifat keras dan berkayu yang disebabkan oleh susunan sel-selnya yang kompak  dan adanya lignin pada dinding sel. Lignin merupakan senyawa kimia yang merupakan salah satu komponen pembentuk dinding sel sehingga sel menjadi kuat , kedap air , dan tahan terhadap bahan kimia.

Meristem Lateral
Jaringan meristem ini merupakan meristem yang letaknya sejajar dengan keliling organ tempat jaringan ini ditemukan, misalnya kambium pembuluh dan kambium gabus. Aktivitas pembelahan meristem lateral menyebabkan diameter batang dan akar bertambah membesar . Pertumbuhan yang dihasilkan oleh aktivitas mersitem lateral ini dinamakan pertumbuhan sekunder , sedangkan jaringan yang dihasilkan dinamakan jaringan sekunder.
Meristem lateral disebut juga dengan nama meristem samping

Meristem Interkalar
Jaringan meristem yang satu ini terdapat di antara jaringan dewasa, misalnya di daerah pangkal ruas-ruas batang tumbuhan dari fimili gramineae ( rumput-rumputan ). Meristem interkalar juga disebut dengan nama meristem antara.

Jika ditinjau dari asalnya, jaringan meristem dibedakan menjadi meristem primer dan meristem sekunder.

Meristem primer merupakan meristem yang berasal langsung dari pertumbuhan sel-sel embrionik  dan merupakan pertumbuhan lebih lanjut dari pertumbuhan embrio. Meristem primer bertanggung jawab terhadap pertumbuhan primer pada tumbuhan, seperti pertambahan tinggi  batang dan akar tanaman.

Meristem sekunder merupakan meristem yang berasal dari perkembangan jaringan yang telah mengalami diferensiasi . Meristem ini bertanggung jawab terhadap pertumbuhan sekunder, misalnya pertumbuhan membesar pada batang tanaman dikotil.
Contoh meristem sekunder, adalah kambium yang terletak melingkar pada batang tanaman dikotil. 

Demikianlah uraian singkat mengenai jaringan Meristem pada tumbuhan.
Untuk memperkuat penguasaan materi tentang meristem ini, Anda bisa mencoba membuat tabel perbandingan antara meristem apikal, meristem lateral dan interkalar.
Juga tabel perbandingan antara meristem primer dengan meristem sekunder.

Selamat belajar ,sukses akan diraih oleh manusia yang bersungguh-sungguh.


No comments:

Post a Comment