Ruang Lingkup Biologi

Salah satu isu nasional dan internasional saat ini adalah masalah lingkungan yang berkaitan dengan pemansan global / " global warming " yang  dipicu oleh meningkatnya polusi karbon dioksida ditambah dengan semakin menyempitnya kawasan hutan di berbagai benua.
Permasalahan tersebut jika ditinjau dari sudut pandang keilmuwan erat kaitanya dengan biologi. Dalam beberapa tahun terakhir, perkembangan biologi telah membawa perubahan besar bagi kehidupan manusia.

Apa itu Biologi ?
Tentu Anda masih ingat jawabanya pada saat anda duduk di bangku SMP. Biologi berasal dari kata " bios " yang berarti hidup dan "logos" yang berarti ilmu. Sehingga secara sederhana biologi = ilmu hidup, atau yang dulu dikenal oleh kakek buyut kita dengan sebutan " ilmu hayat ". Beberapa almuwan sering mendefinisikan biologi sebagai ilmu  pengetahuan yang mempelajari seluk beluk mahkluk hidup dan kehidupannya baik yang ada saat ini maupun yang "pernah" hidup di masa silam.

Ciri-ciri Biologi 
Dari definisi tersebut bisa dikatakan bahwa biologi merupakan ilmu pengetahuan / sains yang memiliki ciri khas , antara lain :
  • konkrit, yang berarti yang dipelajari biologi adalah benda-benda nyata / konkrit yang dapat diindera oleh panca indera manusia
  • empiris, yang berarti biologi dikembangkan berdasarkan pengalaman nyata, bukan khayalan atau impian
  • sistematis, atinya dalam pemecahan masalah ilmuwan biologi bekerja secara sistematis mengikuti langkah-langkah tertentu yang dikenal dengan sebutan metode ilmiah
  • obyektif, tang maksudnya adalah bahwa hasil kajian biologi  bersifat apa adanya / sesuai fakta tanpa ada unsur rekayasa
  • logis, yang berarti dalam kejiannya ilmuwan menggunakan cara berpikir logis/ masuk akal. Dari hal-hal yang bersifat umum ke khusus atau sebaliknya
  • umum, artinya semua konsep, teori, hukum dalam biologi berlaku secara umum / internasional.
Ruang lingkup biologi
Kajian biologi meliputi obyek dan permasalahan biologi yang dapat dikaji pada berbagai tingkat organisasi kehidupan dari yang paling rendah hingga yang paling tinggi ( molekul-sel-jaringan-organ-sistem organ-organisme-populasi-komunitas-ekosistem-bioma.

Obyek biologi
Obyek yang dikaji biologi meliputi semua organisme hidup ( Biological Science Curricullum Study, Mayer 1980 ) dari yang berukuran mikroskopis ( arcaheobacteria, eubacteria, protista ) hingga yang berukuran makroskopis ( fungi, plantae dan animalia ). Bahkan virus yang merupakan "benda" ultra mikroskopis dikaji dalam biologi dengan cabang khusus yang bernama virologi.

Permasalahan  Biologi
Masalah-masalah yang dikaji dalam biologi mencakup paling tidak sembilan tema yaitu :

o   Biologi (sains) sebagai proses inkuiri
o   Sejarah konsep biologi
o   Evolusi
o   Keanekaragaman dan keseragaman
o   Genetika dan kelangsungan hidup
o   Organisme dan lingkungan
o   Perilaku
o   Struktur dan fungsi
o   Regulasi
 
Setiap obyek biologi bisa dikaji pada beberapa permasalahan yang berbeda.Misalnya, eubacteria bisa dikaji  dari sudut permasalahan struktur dan  fungsi, perilaku maupun keanekaragaman.

No comments:

Post a Comment