Konsep Keanekaragaman Hayati

Perhatikan ayah, ibu, kakak, adik dan diri anda sendiri. Adakah nampak perbedaan antara anda dengan mereka ?
Ingat , mereka dengan anda adalah satu keluarga. Secara fisik maupun non fisik tentu ada saja perbedaan yang bisa anda temukan baik pada ibu, bapak, kakak dan juga adik. Ini menunjukkan adanya keanekaragaman hayati ( biodiversity ).
Perhatikan gambar berikut !


Ada berapa jenis mahkluk hidup yang nampak pada gambar tersebut ?
Ya, mahkluk hidup yang ada di bumi banyak sekali jenis dan jumlah ( populasinya ). Atas dasar fakta inilah, keanekaragaman hayati dimaknakan sebagai adanya variasi berbagai jenis mahkluk hidup yang menunjukkan keseluruhan variasi gen, species, dan ekosistem di muka bumi.
Keanekaragaman hayati disebabkan oleh adanya dua faktor yaitu faktor internal ( genetik ) dan faktor eksternal ( lingkungan biotik dan abiotik ).
Secara umum, keanekaragaman hayati mencakup 3 tingkatan, yaitu : keanekaragaman gen, keanekaragaman species ( jenis ) dan keanekaragaman ekosistem.
 

Keanekaragaman gen
Keanekaragaman gen ditunjukkan oleh adanya variasi ciri, sifat yang nampak ( ditemukan ) pada individu yang sejenis ( satu species ). Beberapa contoh yang menunjukkan keanekaragaman gen antara lain :
pada manusia kita mengenal ada beberapa ras, yaitu : ras mongoloid, ras australoid, ras caucasid dan lain nya.
pada tanaman mawar kita mengenal ada beberapa jenis mawar, yaitu : ada yang berbunga merah, berbunga putih, berbunga ungu dll
pada tanaman padi kita mengenal ada beberapa varietas padi, yaitu : padi rojolele, padi IR64, padi Cisadane, padi C4 dll.
 

Keanekaragaman Jeniskeanekaragaman jenis ditunjukkan oleh adanya variasi/perbedaan ciri di antara individu-individu yang berbeda jenisnya ( interspecies ) dalam satu marga ataupun famili.
beberapa contoh keanekaragaman species, antara lain :
pada marga Arthocarpus ditemukan beberapa jenis yaitu : nangka, keluwih, dan sukun.
pada familia Leguminosae ditemukan beberapa jenis, yaitu : kacang tanah, kacang kapri, kacang kedelai.
 

Keanekaragaman ekosistemkeanekaragaman ekosistem ditunjukkan oleh adanya variasi ciri/sifat yang ditemukan pada berbagai macam lingkungan fisik/abiotik dengan lingkungan biotiknya.
contoh keanekaragaman ekosistem, antara lain :
pada ekosistem darat ditemukan adanya beberapa tipe ekosistem, yaitu : ekosistem pantai, ekosistem padang rumput, ekosistem hutan basah dll
pada ekosistem perairan ditemukan adanya beberpa tipe ekosistem, yaitu : ekosistem air tawar, ekosistem air asin dan ekosistem air payau.
 

Inilah beberapa fakta yang menunjukkan adanya keanekaragaman hayati yang menunjukkan adanya bukti bahwa Tuhan Yang Maha Pencipta.

No comments:

Post a Comment