Topik :
Persilangan
Penyimpangan Semu Hukum Mendel
Tujuan :
Mengetahui
bagaimana pola peyimpangan semu hukum Mendel terjadi
Alat
dan bahan
:
Kertas
, spidol, gunting, alat tulis, penggaris
Sumber Belajar :
- https://biologisma1.blogspot.com/2025/11/penyimpangan-semu-hukum-mendel.html
- sumber lain yang relevan
Langkah-langkah :
1.
Dengan menggunakan kertas, buatlah kartu dengan masing-masing ditulis RP
sebanyak 2 lembar, Rp sebanyak 2 lembar, rP sebanyak 2 lembar dan rp sebanyak 2
lembar.
Keterangan:
R
= Gen ayam berpial gerigi (mawar). P = Gen ayam berpial biji (ercis).
Huruf-huruf
yang terdapat pada kotak-kotak tersebut diasumsikan sebagai gamet-gamet ayam
berpial sumpel (walnut) yaitu RP, Rp, rP, dan rp.
2.
Lakukan langkah-langkah eksperimen ini dengan urutan sebagai berikut. a. Kelompokkan
masing-masing kartu di sebelah kanan dan sebelah kiri.
b.
Ambil satu kartu dengan menggunakan tangan kanan dan satu kartu dengan tangan
kiri, tanpa melihat, apalagi memilih.
c. Padukan keduanya. Lalu catatlah gamet-gamet yang bertemu (berhadapan). Misal seperti gambar di atas, gamet yang bertemu adalah gamet RP dari kanan , gamet rp dari kiri , maka genotipnya RrPp, fenotipnya pial walnut
d.
Lakukan langkah poin 2.b dan 2.c tersebut paling sedikit 96 kali
3.
Lengkapilah tabel di bawah ini berdasarkan hasil yang Anda peroleh dari langkah
poin 2.b dan 2.c
Keterangan
:
R_P_ = pial sumpel (walnut); R_pp = pial bergerigi/mawar (Rose); rrP_ = pial biji (Pea); rrpp = pial tunggal
4.
Bandingkan frekuensi genotip dan fenotipnya. Bandingkan pula hasilnya dengan
perbandingan menurut Mendel
5.
Diskusikan Pertanyaan berikut !
a.
Berapa perbandingan genotip dan fenotip F2?
b.
Samakah perbandingan tersebut dengan perbandingan menurut Hukum Mendel?
6.
Buatlah laporan tertulis hasil eksperimen ini dan kumpulkan
adopsi dari : Sembiring L,Sudjino,2009,Biologi untuk kelas XII SMA dan MA,Jakarta,Pusat Perbukuan Nasional
0 Comments