LKPD : Pola Penyimpangan Semu Hukum Mendel

Topik :

Persilangan Penyimpangan Semu Hukum Mendel

Tujuan :

Mengetahui bagaimana pola peyimpangan semu hukum Mendel terjadi

Alat dan bahan :

Kertas  , spidol, gunting, alat tulis, penggaris

Sumber Belajar :

- https://biologisma1.blogspot.com/2025/11/penyimpangan-semu-hukum-mendel.html

- sumber lain yang relevan

Langkah-langkah :

1. Dengan menggunakan kertas, buatlah kartu dengan masing-masing ditulis RP sebanyak 2 lembar, Rp sebanyak 2 lembar, rP sebanyak 2 lembar dan rp sebanyak 2 lembar.

Keterangan:

R = Gen ayam berpial gerigi (mawar). P = Gen ayam berpial biji (ercis).

Huruf-huruf yang terdapat pada kotak-kotak tersebut diasumsikan sebagai gamet-gamet ayam berpial sumpel (walnut) yaitu RP, Rp, rP, dan rp.

2. Lakukan langkah-langkah eksperimen ini dengan urutan sebagai berikut. a. Kelompokkan masing-masing kartu di sebelah kanan dan sebelah kiri.

b. Ambil satu kartu dengan menggunakan tangan kanan dan satu kartu dengan tangan kiri, tanpa melihat, apalagi memilih.

c. Padukan keduanya. Lalu catatlah gamet-gamet yang bertemu (berhadapan). Misal seperti gambar di atas, gamet yang bertemu adalah gamet RP dari kanan , gamet rp dari kiri , maka genotipnya RrPp, fenotipnya pial walnut

d. Lakukan langkah poin 2.b dan 2.c tersebut paling sedikit 96 kali

3. Lengkapilah tabel di bawah ini berdasarkan hasil yang Anda peroleh dari langkah poin 2.b dan 2.c

Keterangan :

R_P_ = pial sumpel (walnut); R_pp = pial bergerigi/mawar (Rose); rrP_ = pial biji (Pea); rrpp = pial tunggal

4. Bandingkan frekuensi genotip dan fenotipnya. Bandingkan pula hasilnya dengan perbandingan menurut Mendel

5. Diskusikan Pertanyaan berikut !

a. Berapa perbandingan genotip dan fenotip F2?

b. Samakah perbandingan tersebut dengan perbandingan menurut Hukum Mendel?

6. Buatlah laporan tertulis hasil eksperimen ini dan kumpulkan 

adopsi dari : Sembiring L,Sudjino,2009,Biologi untuk kelas XII SMA dan MA,Jakarta,Pusat Perbukuan Nasional

Post a Comment

0 Comments