A. Topik : Keanekaragaman Hayati, Arti Pentingnya bagi kita
B. Tujuan Pembelajaran
Setelah melakukan kegiatan
ini, murid diharapkan mampu:
1.Menjelaskan pengertian
keanekaragaman hayati dan tingkatannya.
2.Mengidentifikasi contoh
keanekaragaman hayati di lingkungan sekitar.
3.Menganalisis manfaat
keanekaragaman hayati bagi kehidupan manusia.
4.Menunjukkan sikap peduli
dan tanggung jawab terhadap pelestarian keanekaragaman hayati.
C. Aktivitas Pemantik (Ayo Amati!)
Petunjuk:
Perhatikan lingkungan sekitar sekolah atau rumahmu. Catat minimal tiga jenis
makhluk hidup berbeda (tumbuhan, hewan, atau mikroorganisme) yang kamu temukan! Isikan ke dalam tabel berikut !
Refleksi awal:
Dari tabel di atas, apa yang bisa
anda katakan tentang keberagaman makhluk hidup di sekitarmu?
D. Eksplorasi Konsep (Ayo Pahami!)
1️. Apa itu Keanekaragaman Hayati?
Diskusikan dalam kelompok
kecil:
a.
Mengapa makhluk
hidup di bumi sangat beragam?
b.
Apa yang
menyebabkan perbedaan bentuk, warna, dan perilaku antar makhluk hidup?
2️. Tingkatan
Keanekaragaman Hayati
Lengkapi tabel berikut
berdasarkan hasil pengamatan dan referensi (buku/ internet):
E. Aktivitas Kontekstual: “Biodiversitas di Sekitarku”
Mini Project:
“Biodiversitas Sekolahku”
Langkah-langkah:
1.Amati lingkungan sekolah
(taman, kolam, halaman, atau sekitar kantin).
2.Catat minimal 5 jenis
makhluk hidup yang berbeda.
3.Kelompokkan berdasarkan
jenis (tumbuhan, hewan, mikroorganisme).
4.Buat poster digital atau
manual bertema “Sekolahku Rumah bagi Keanekaragaman Hayati” berisi:
i. Foto atau gambar hasil
observasi
ii. Nama dan peran makhluk
hidup
iii. Pesan pelestarian
iv. Presentasikan hasilnya
di depan kelas.
F. Refleksi dan Koneksi Pribadi
Jawab pertanyaan berikut dengan jujur dan reflektif:
1. Apa makna keanekaragaman hayati bagi kehidupan manusia dan lingkunganmu?
2. Apa yang bisa kamu lakukan untuk menjaga keanekaragaman hayati di rumah atau sekolahmu?
3. Jika kamu menjadi pejabat lingkungan, program apa yang akan kamu buat untuk melindungi keanekaragaman hayati?
0 Comments