Struktur dan Bentuk Kromosom

Pada waktu belajar biologi di SMP tentu anda mengenal istilah kromosom, gen dan juga DNA RNA, khususnya pada materi pewarisan sifat Mendel.

Apa sebenarnya kromosom itu ?
Kromosom berasal dari kata kroma yang berarti warna , dan soma yang berarti badan. Jadi kromosom suatu badan yang mudah mengikat warna.

Siapa Ilmuwan yang pertamakali mengemukakan tentang kromosom ?
Kromosom pertamakali diperkenalkan oleh Wilhelm von Waldayer ( ilmuwan Jerman ) pada tahun 1888. Dia mengatakan bahwa di dalam kromosom ada gen.

Siapa yang telah membuktikan bahwa di dalam kromosom terdapat informasi genetik ?
Fakta bahwa di dalam kromosomterdapat informasi genetik dibuktikan oleh Walter Sutton ( Biolog Amerika ) pada tahun 1902.

Bagaimana struktur kromosom ?
Struktur kromosom pada organisme tingkat tinggiumumnya terdiri dari bagian lengan ( badan ), pusat kromosom ( sentromer ), lekukan sekunder, satelit ( tonjolan pada ujung kromosom ), telomer ( bagian ujung kromosom ).
co-honomers.tumblr.com
Telomer menghasilkan enzim telomerase yang ada hubungannya dengan usia sel. Telomer sel tua lebih pendek jika dibandingkan dengan  sel muda.

Bagaimana bentuk dan ukuran kromosom ?
Bentuk kromosom ternyata berbeda antara species satu dengan species lainnya, namun bentuk kromosom adalah tetap untuk suatu species. Ukuran kromosom sangat bervariasi, panjang 0,2 - 50 mikron, diameternya 0,2 - 20 mikron. Kromosom ada yang memiliki satu lengan namun ada juga yang memiliki dua lengan. Kedua lengan bisa sama panjang atau tidak sama panjang, ada yang simetris ada juga yang tidak simetris.

Apakah bentuk dan ukuran kromosom pada mahkluk hidup sama ?
Bentuk dan ukuran kromosom pada berbagai organisme berbeda-beda. Ukuran kromosom sangat besar ditemukan pada bakteri E.coli. Kromosom E coli berbentuk sirkuler, terdiri dari 3800 kilo basa ( kb ) DNA double helix strand yang memadat ke dalam 100 loop. Satu loop  mengandung DNA dengan ukuran 40 kb. Masing-masing loop terdiri dari 160 - 180 bead ( manik-manik ) dan setiap bead terdiri dari DNA yang berukuran 220-265 pasangan basa. Kromosom pada bakteri mengandung 4 macam protein yang bersama-sama bertanggung jawab pada struktur kromosom bakteri.

Berapa jumlah kromosom yang dimiliki organisme ?
Setiap organisme ( species ) memiliki jumlah kromosom tertentu. Misalnya : manusia = 46 buah, kera = 48 buah , sapi = 60 buah, kuda = 66 buah, katak = 26 buah, tomat = 24 buah, pisang = 44 buah, kentang = 48 buah dan lain sebagainya.
Jumlah kromosom tidak ada hubungannya dengan tingkat kedudukan suatu organisme terhadap organisme lainnya. Di dalam sel tubuh organisme, kromosom berpasangan  ( diploid/ 2n ) dan pada sel kelamin, kromosom tidak berpasangan ( haploid / n ).

Ada berapa macam kromosom sel tubuh / sel soma yang dipunyai oleh masing-masing organisme ?
Kromosom sel soma terdiri atas 2 macam , yaitu : 
  • Autosom, yaitu kromosom yang mengendalikan /menentukan sifat-sifat diluar sifat kelamin.
  • kromosom kelamin/sex chromosome, yaitu kromosom yang menentukan jenis kelamin organisme. Ada 2 macam kromosom kelamin, yaitu : kromosom X dan kromosom Y.
Dalam keadaan abnormal, jumlah dan bentuk kromosom dapat mengalami perubahan. Perubahan ini akan dibahas lebih rinci pada bahasan tentang mutasi.

Bagaimana dengan kromosom pada manusia ?
Manusia memiliki jumlah kromosom sebanyak 46 buah atau 23 pasang. Dari 23 pasang kromosom tersebut, 22 pasang adalah Autosom, sedangkan 1 pasang adalah Gonosom / kromosom kelamin / seks kromosom.
Penulisan formula kromosomnya adalah :
  • Pria / laki-laki : 22AA,XY atau 22AA + XY
  • Wanita / Perempuan : 22AA,XX atau 22AA + XX
dari 46 buah kromosom yang dimiliki oleh manusia, ternyata hanya ada 3 macam bentuk kromosom yaitu : bentuk akrosentrik, metasentrik dan submetasentrik. Sedangkan bentuk telosentrik tidak ditemukan.

Pertanyaan : Kromosom manakah yang tidak ditemukan pada manusia ? a , b , c , atau d ?

bentuk metasentrik = kromosom yang sentromernya terletak ditengah dua lengan kromosom yang sama panjang,
bentuk submetasentrik = kromosom yang sentromernya memisahkan dua lengan kromosom yang sedikit berbeda panjangnya
bentuk akrosentrik = kromosom yang sentromernya memisahkan dua lengan kromosom yang sangat berbeda jauh panjangnya
bentuk telosentrik = kromosom yang hanya memiliki 1 lengan kromosom.

Demikian uraian mengenai struktur dan Bentuk kromosom.
Jika ada pertanyaan, saran, kritikan, tambahan dapat anda sampaikan melalui form komentar di bagian bawah dari postingan ini. Terimakasih.

No comments:

Post a Comment