Keterkaitan Metabolisme Karbohidrat dg metabolisme Lemak dan Protein

Ketika anda mempelajari metabolisme karbohidrat, tentu anda masih ingat betul prosesnya.
Ya ... secara garis besar metabolisme karbohidrat adalah sebagai berikut :

glukosa -- piruvat -- asetil ko-a -- daur krebs / siklus krebs -- rantai transport elektron : energi ( ATP ) + CO2 + H2O 

Lalu, adakah keterkaitan antara metabolisme karbohidrat tersebut dengan metabolisme zat makanan lainnya seperti lemak dan protein ?
Untuk mengetahuinya, lanjutkan membaca postingan berikut !

Keterkaitan metabolisme karbohidrat dengan metabolisme lemak.
Hasil akhir pencernaan lemak yang berupa gliserol akan memasuki jalur metabolisme karbohidrat melalui reaksi antara glukosa dan piruvat ( gliserol piruvat masuk jalur metabolisme karbohidrat ). Sementara itu hasil akhir pencernaan lemak yang berupa asam lemak akan mengalami beta oksidasi menjadi unit-unit yang terdiri atas dua karbon ( 2C ). Setiap unit dua karbon akan mengikat satu molekul KoA menjadi molekul Asetil KoA yang dapat masuk ke dalam jalur metabolisme karbohidrat.
Gliserol dapat berubah menjadi glukosa atau piruvat tergantung kebutuhan sel akan energi. Demikian halnya, Asetil KoA , jika sel tidak membutuhkan energi ( kebutuhan energi masih/sudah cukup ) maka Asetil KoA yang berasal dari beta oksidasi akan disintesis kembali menjadi komponen lemak. Karbohidratpun jika berlebih akan diubah menjadi lemak yang disimpan di jaringan lemak di bawah kulit ( jaringan adiposa ).

Keterkaitan metabolisme karbohidrat dengan metabolisme Protein.
Hasil akhir pencernaan protein berupa asam amino akan mengalami metabolisme  melalui 3 cara, yaitu : 

pertama, asam amino glukogenik diubah menjadi piruvat yang kemudian memasuki jalur metabolisme karbohidrat. 

kedua, asam amino ketogenik diubah menjadi asetil koA yang dapat memasuki jalur metabolisme lemak. 

ketiga, asam amino non glukogenik dan non ketogenik ( mis : asam glutamat ) dideaminasi dan langsung memasuki siklus krebs.

Melalui ke-3 cara tersebut akhirnya asam amino dapat menghasilkan energi dalam bentuk ATP, karbon dioksida ( CO2 ) dan air ( H2O ) seperti halnya karbohidrat.

Demikianlah secara ringkas, keterkaitan metabolisme karbohidrat dengan metabolisme lemak dan metabolisme protein.

2 comments: