A. Judul Kegiatan
"Mengapa Organisme
Beragam? Menyelidiki Evolusi di Sekitar Kita"
B.
Tujuan Pembelajaran
Setelah kegiatan ini,
siswa mampu:
1. Menjelaskan secara sederhana bagaimana variasi,
seleksi alam, dan adaptasi terjadi.
2. Mengaitkan perubahan sifat organisme dengan
kelangsungan hidupnya.
3. Menyimpulkan hubungan evolusi dengan keanekaragaman
hayati.
4. Menunjukkan kemampuan mengamati, mengajukan
pertanyaan, mengumpulkan data, dan membuat kesimpulan melalui metode inkuiri.
C.
Pertanyaan Pemantik (Untuk Memulai Diskusi)
1. Mengapa burung di pulau
berbeda bisa memiliki bentuk paruh yang berbeda-beda?
2. Mengapa sebagian
bakteri bisa tahan antibiotik?
3. Apakah makhluk hidup
bisa berubah dari waktu ke waktu?
Instruksi Guru: Beri kesempatan siswa menjawab singkat tanpa menilai
benar-salah. Fokus pada membangkitkan rasa ingin tahu.
D.
Skenario Masalah (Kontekstual dan Sederhana)
Di sebuah pulau kecil
terdapat populasi burung pemakan biji. Pada tahun pertama, biji-biji kecil
banyak ditemukan. Namun, setelah terjadi musim kering panjang, biji kecil
semakin langka dan hanya tersisa biji berukuran besar dan keras.
Dalam 5 tahun berikutnya,
peneliti menemukan bahwa rata-rata ukuran paruh burung
berubah menjadi lebih besar dan kuat.
Pertanyaan utama: Apa yang menyebabkan
perubahan ukuran paruh burung tersebut?
E.
Kegiatan Inkuiri Terbimbing
1. Mengamati (Observasi)
Perhatikan Gambar dan grafik
alel berikut !
Grafik frekuensi alel
sebelum–sesudah seleksi
Tugas: Tuliskan apa saja yang amda lihat.
Jawaban siswa (tulis minimal
3 observasi):
...............................................................................
...............................................................................
...............................................................................
2. Mengajukan Pertanyaan
(Inkuiri)
Buat pertanyaan tentang
perubahan sifat burung. Contoh: “Mengapa ukuran paruh bisa berubah?”
Tuliskan 2 pertanyaanmu:
...............................................................................
...............................................................................
3. Mengumpulkan Informasi /
Data
Bacalah penjelasan singkat
berikut:
a. Burung yang memiliki paruh kuat lebih mudah memecahkan
biji besar.
b. Burung berparuh kecil lebih sulit mendapatkan makanan.
c. Burung yang mampu makan bertahan hidup dan berkembang
biak.
Tugas: Tandai pernyataan yang menunjukkan mekanisme evolusi.
4. Mengasosiasi (Menganalisis Data dan
Menyimpulkan)
Jawablah:
a. Sifat apa yang lebih membantu burung bertahan hidup
dalam kondisi pulau tersebut? Mengapa?
....................................................................................
b. Bagaimana perubahan sifat dalam populasi burung
terjadi dari tahun ke tahun?
....................................................................................
Kesimpulan: Hubungkan
perubahan sifat burung dengan mekanisme evolusi.
..............................................................................................
F.
Refleksi Pembelajaran
1. Hal baru apa yang kamu pelajari hari ini?
................................................................................................
2. Apa hubungan evolusi
dengan keanekaragaman hayati?
................................................................................................
3. Bagian mana yang paling
membuatmu penasaran?
................................................................................................
0 Comments