LKPD : Mekanisme Evolusi, Keanekaragaman Hayati, dan Kelangsungan Hidup Organisme

A. Judul Kegiatan

 "Mengapa Organisme Beragam? Menyelidiki Evolusi di Sekitar Kita"

B. Tujuan Pembelajaran

Setelah kegiatan ini, siswa mampu:

1.     Menjelaskan secara sederhana bagaimana variasi, seleksi alam, dan adaptasi terjadi.

2.     Mengaitkan perubahan sifat organisme dengan kelangsungan hidupnya.

3.     Menyimpulkan hubungan evolusi dengan keanekaragaman hayati.

4.     Menunjukkan kemampuan mengamati, mengajukan pertanyaan, mengumpulkan data, dan membuat kesimpulan melalui metode inkuiri.

C. Pertanyaan Pemantik (Untuk Memulai Diskusi)

1. Mengapa burung di pulau berbeda bisa memiliki bentuk paruh yang berbeda-beda?

2. Mengapa sebagian bakteri bisa tahan antibiotik?

3. Apakah makhluk hidup bisa berubah dari waktu ke waktu?

Instruksi Guru: Beri kesempatan siswa menjawab singkat tanpa menilai benar-salah. Fokus pada membangkitkan rasa ingin tahu.

D. Skenario Masalah (Kontekstual dan Sederhana)

Di sebuah pulau kecil terdapat populasi burung pemakan biji. Pada tahun pertama, biji-biji kecil banyak ditemukan. Namun, setelah terjadi musim kering panjang, biji kecil semakin langka dan hanya tersisa biji berukuran besar dan keras.

Dalam 5 tahun berikutnya, peneliti menemukan bahwa rata-rata ukuran paruh burung berubah menjadi lebih besar dan kuat.

Pertanyaan utama: Apa yang menyebabkan perubahan ukuran paruh burung tersebut?

E. Kegiatan Inkuiri Terbimbing

1. Mengamati (Observasi)

Perhatikan Gambar dan grafik alel berikut !


Grafik frekuensi alel sebelum–sesudah seleksi

Tugas: Tuliskan apa saja yang amda lihat.

Jawaban siswa (tulis minimal 3 observasi):

...............................................................................

...............................................................................

...............................................................................

2. Mengajukan Pertanyaan (Inkuiri)

Buat pertanyaan tentang perubahan sifat burung. Contoh: “Mengapa ukuran paruh bisa berubah?”

Tuliskan 2 pertanyaanmu:

...............................................................................

...............................................................................

3. Mengumpulkan Informasi / Data

Bacalah penjelasan singkat berikut:

a.      Burung yang memiliki paruh kuat lebih mudah memecahkan biji besar.

b.     Burung berparuh kecil lebih sulit mendapatkan makanan.

c.      Burung yang mampu makan bertahan hidup dan berkembang biak.

Tugas: Tandai pernyataan yang menunjukkan mekanisme evolusi.

4. Mengasosiasi (Menganalisis Data dan Menyimpulkan)

Jawablah:

a.      Sifat apa yang lebih membantu burung bertahan hidup dalam kondisi pulau tersebut? Mengapa?
....................................................................................

b.     Bagaimana perubahan sifat dalam populasi burung terjadi dari tahun ke tahun?
....................................................................................

Kesimpulan: Hubungkan perubahan sifat burung dengan mekanisme evolusi.
..............................................................................................

F. Refleksi Pembelajaran

1.  Hal baru apa yang kamu pelajari hari ini?
................................................................................................

2. Apa hubungan evolusi dengan keanekaragaman hayati?
................................................................................................

3. Bagian mana yang paling membuatmu penasaran?
................................................................................................


Post a Comment

0 Comments