Macam-macam Pembelahan Sel

Pembelahan sel mempunyai arti yang sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangbiakan mahkluk hidup sepanjang masa. Tidak bisa dibayangkan jika sel-sel hidup "mogok massal" tidak mau membelah. Atau sebaliknya jika mereka demo massal membelah beramai-ramai terus menerus tanpa terkendali.
Berdasarkan prosesnya, pembelahan sel dikategorikan ke dalam 2 kelompok  yakni : Pembelahan langsung dan pembelahan tidak langsung.
 
gambar 1. Pembelahan amitosis
Pembelahan langsung
Pembelahan sel disini terjadi secara spontan dan tanpa menunjukkan fase-fase ( tahapan ) tertentu. Pada pembelahan jenis ini, secara spontan terjadi pembagian materi genetik menjadi dua bagian yang diikuti dengan pembagian sitoplasma sel. Karena terjadi secara spontan, bisa dimungkinkan terjadi pembagian materi genetik dan sitoplasma yang tidak seimbang kepada kedua sel anak. Contoh pembelahan langsung adalah amitosis atau disebut juga pembelahan biner yang banyak dilakukan oleh organisme bersel tunggal seperti anggota eubacteria, archaebacteria, beberapa anggota protista. Perhatikan gambar 1.

Pembelahan Tidak langsung
pembelahan sel jenis ini berlangsung secara bertahap melalui fase-fase tertentu dan dihasilkan sel baru yang menerima pembagian materi genetik dan sitoplasma yang sama.Pembelahan ini dibedakan menjadi 2 macam, yaitu pembelahan mitosis dan pembelahan meiosis.

gambar 2. Tahapan Mitosis
Mitosis
Pembelahan mitosis merupakan pembelahan sebuah sel autosomal ( sel tubuh ) yang menghasilkan 2 sel anak tanpa mengalami perubahan jumlah kromosom ( materi genetik ) sehingga sifat-sifat sel baru hasil pembelahan cenderung memiliki sifat yang sama dengan sel awal ( sel induk ) yang membelah.
Meiosis
gambar 3. Tahapan Meiosis I
Pembelahan Meiosis merupakan pembelahan sebuah sel induk ganet yang menghasilkan sel baru dengan memiliki separuh jumlah kromosom ( materi genetik ) dan membentuk susunan gamet untuk kepentingan reproduksi seksual. Pada pembelahan meiosis dikatakan , sel anak ( hasil pembelahan ) memiliki sifat yang beda dengan sel induk. Tahapan meiosis I  dapat  dilihat pada gambar berikut ini.

Setelah telofase I berakhir, maka akan dilanjutkan fese meiosis II dengan tahapan yang sama yaitu profase II -- metafase II -- anafase II -- telofase II tanpa diselingi oleh interfase

No comments:

Post a Comment